Beranda ยป Macam macam Masalah Handphone Serta Cara Menanggulanginya!
Smartphone

Macam macam Masalah Handphone Serta Cara Menanggulanginya!

Macam-macam kerusakan ponsel

Setiap handphone suatu saat pasti mengalami masalah atau kerusakan baik itu di dalam bagian visual maupun fisik.

Kerusakan visual adalah kerusakan yang terjadi dari dalam sistem perangkat. Tidak hanya handphone! Kerusakan visual juga sering terjadi di komputer dan pc.

Sedangkan kerusakan fisik adalah kerusakan yang terjadi dari luar perangkat. Maksud dari luar perangkat adalah yang bisa kalian raba atau sentuh dan nampak secara nyata.

1. Kerusakan pada Tombol Power/Volume

Tombol volume digunakan untuk melakukan pengaturan suara yang berada di dalam handphone, sedangkan tombol power on/off di gunakan untuk menghidupkan dan mematikan handphone.

Tombol handphone pada evolusi saat ini rata-rata berada di bagian samping handphone. Baik itu kiri maupun kanan.

Kerusakan dalam hal ini biasanya di akibatkan karena terlalu seringnya menekankan tombol.

Atau bisa juga karena memang kualitas dari fisik handphone tersebut kurang bagus. Seperti tombolnya yang terlalu menonjol keluar.

Untuk dapat menanggulangi hal atau kerusakan tersebut, kamu bisa menggunakan aksesoris handphone tambahan, seperti softcase.

Hampir setiap softcase yang pernah saya telusuri, ia dapat menutupi tombol-tombol tersebut.

Sehingga mampu meminimalisir kerusakan pada tombol volume dan tombol power yang terlalu menonjol.

Jika handphone kamu tombolnya masih aman tetapi tombolnya tidak dapat bekerja, kamu mungkin harus memperbaikinya ke sesorang yang sudah ahli di bidangnya.

Hal seperti itu biasanya terjadi karena kerusakan dari dalam. Jadi daripada di otak-atik sendiri malah makin tambah rusak. Mending ke yang sudah ahlinya.

2. Kerusakan pada Touch Screen Handphone

Touch screen atau yang biasa kita kenal dengan sebutan layar sentuh ini cukup rentan terjadi kerusakan.

Kerusakan yang di alami biasanya adalah (ghost touch) atau layar yang mampu meng-klik dengan sendirinya.

Atau bisa juga kerusakan seperti pecah, tidak bisa di jalankan ketika di sentuh. Dan masih banyak lagi.

Tidak ada kepastian tentang cara bagaimana menanggulanginya, namun cara ini mungkin bisa sedikit membantu dalam hal ini.

Yaitu dengan menggunakan anti gores. Handphone evolusi saat ini biasanya sudah di lengkapi dengan aksesoris seperti ini.

Anti gores mampu dan berguna untuk menanggulangi terjadinya kerusakan layar atau touch screen yang pecah, ketika handphone tidak sengaja terbanting.

Anti gores juga dapat membantu kamu jika layarnya serek dan cukup sulit untuk di gunakan. Anti gores dapat membantu melancarkan layar. Hal ini dapat berguna jika kamu sering atau suka bermain game.

3. Lupa Kata Sandi

Lupa kata sandi memang bukan merupakan sebuah kerusakan visual, namun definisi kerusakan yang saya bahas di sini adalah yang membuat orang-orang kesulitan, ketakutan atau was-was.

Jadi hal seperti ini masih saya anggap sebagai sebuah kerusakan meskipun pada umumnya memang bukan sebuah kerusakan.

Lupa kata sandi dalam hal ini, bisa terjadi karena dua hal. Yang pertama karena memang benar-benar lupa. Yang kedua kamu nyolong punya orang ๐Ÿ˜‚.

Untuk mengantisipasi atau menanggulangi hal semacam ini, kamu bisa mencatat kata sandi handphone kamu.

Perlu di ingat jangan menyimpan sandi sembarangan, juga jangan di dalam handphone tersebut. Sama aja boong gitu mah ๐Ÿ˜Œ.

Mau itu kata sandi yang berjenis pola ataupun pin kamu harus tetap mencatat nya oke. Kecuali kata sandi yang berjenis sidik jari.

Untuk memperbaiki hal seperti ini kamu bisa masuk kebagian sistem atau dalaman nya handphone kamu.

Untuk bisa masuk ke bagian pusat sistem handphone kamu, biasanya dengan menekankan volume atas dan power secara bersamaan.

Jika sudah muncul menu nya kamu bisa otak atik di sini. Otak atik dalam hal ini adalah bertujuan untuk mereset pabrik handphone kamu.

Dengan mereset handphone itu artinya semua data yang ada dalam handphone tersebut akan hilang secara permanen.

Ada dua pilihan, yang pertama handphone lancar jaya kembali tapi semua data hilang. Atau semua data aman tapi handphone dalam keadaan terkunci dan tidak bisa di akses.

Admin kenapa.my.id menyarankan  jangan langsung ke ahlinya, hal seperti ini biasanya sangat mudah untuk di perbaiki, kecuali emang kamu benar-benar pusing dan tidak bisa memperbaikinya.

Terkait masalah atau kerusakan handphone yang terjadi sebenarnya masih banyak lagi. Kerusakan handphone bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jadi tetap hati-hati ya. Sesungguhnya menanggulangi lebih baik daripada memperbaiki.

About the author

Tama Dwitama

Add Comment

Click here to post a comment

Arsip

Kategori