Beranda » Cara mengatasi ponsel yang terkena virus AdWare
Repair Smartphone Tekno

Cara mengatasi ponsel yang terkena virus AdWare

 

 

 

Virus AdWare merupakan virus yang seringkali menyerang smartphone jenis lama, misalnya smartphone jadul yang sistemnya sudah jarang diupdate oleh developer. Virus Adware dapat masuk ke ponsel melalui berkas-berkas, file, atau aplikasi yang anda download di internet.

 

Ciri-ciri yang paling menonjol adalah ponsel sering menampilkan iklan, baik iklan banner, interestial, bahkan iklan pop up dan pop under yang sangat mengesalkan. Virus ini akan memperlambat kinerja ponsel anda dan kualitas jaringan yang tidak stabil karena iklan AdWare akn menggunakan jaringan anda, biasnaya ikln AdWare akan muncul saat koneksi data seluler anda aktif, ataupun perangkat anda terhubung ke wifi.

 

Namun anda tidak perlu khawatir karena di artikel ini admin akan berbagi veverapa cara untuk mengatasi hp yang muncul iklan sendiri atau terkena virus AdWare.

 

Cara mengatasi hp yang muncul iklan sendiri (AdWare)

 

Ada beberapa opsi yang bisa anda pakai untuk memperbaiki hp yang terkena AdWare, silahkan anda gunakan salah satu opsi yang sesuai dengan maslah anda. Berikut adalah beberapa tutorial untuk mengatasi ponsel yang sering muncul iklan sendiri.

 

Menghilangkan virus AdWare dengan cara flash ponsel

 

Opsi pertama yang bisa anda coba adalah dengan melakukan flash atau menyetel ulang ponsel anda, cara ini merupakan cara yang paling simpel. Namun perlu anda ketahui jika anda melakukan flash maka semua data-data yang ada di ponsel anda akan hilang, termasuk virus-virus yang menjangkiti ponsel anda pun akan hilang. Ada 3 cara yang bisa anda gunakan untuk mem-flash ponsel, cukup gunakan salah satu saja sesuai kondisi. Berikut adalah cara untuk melakukan flash pada perangkat Android.

 

Flash melalui pengaturan

 

Masuk ke pengaturan, kemudian pilih pengaturan lainya, dan pilih setel ulang perangkat. Ponsel anda akan di setel ulang pabrik (semua data hilang), namun iklan adware pasti akan hilang.

 

Flash melalui mode recovery

 

Sama seperti cara yang pertama tetapi hanya berbeda di langkah-langkahnya saja. Anda hanya perlu mematikan ponsel anda terlebih dahulu, kemudian tekan tombol power+volume up, lalu anda akan masuk ke mode recovery, kemudian pilih wipe data, dan ponsel anda akan reboot untuk mereset ulang ponsel.

 

Flash menggunakan PC/Laptop

 

Jika opsi opsi pertama dan kedua tidak bisa anda lakukan maka anda dapat menggunakan komputer atau laptop untuk melakukan flash.

 

Jika anda tidak ingin kehilangan semua data yang ada di ponsel, anda dapat menggunakan opsi yang kedua. Berikut adalah opsi kedua yang bisa anda coba untuk mengatasi hp android yang muncul iklan sendiri.

 

Menggunakan Aplikasi Dr. Web Security Space

 

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di play store ini terbukti ampuh untuk menghilangkan AdWare yang menyerang ponsel anda. Anda hanya perlu memindai dengan aplikasi Dr Web Security Space versi gratis atau tidak perlu upgrade ke versi pro untuk menghilangkan AdWare.

 

Untuk cara penggunaanya pun sangat mudah, anda hanya perlu mendownload aplikasinya secara gratis di play store kemudian melakukan scanning. Nanti file-file dan item yang menyebabkan ponsel anda muncul iklan dengan sendiri akan terdeteksi dan terhapus, sehingga ponsel anda tidak akan muncul iklan pop up lagi. Tetapi aplikasi ini hanya berfungsi jika virus AdWare yang menyerang ponsel anda virus ringan dan sedang, jika virus yang menyerang ponsel anda termasuk virus parah atau virus yang langsung menyerang sistem anda harus melakukan flash seperti cara yabg pertama.

 

Hapus aplikasi yang yang terakhir kali anda install

 

Cara yang ketiga adalah dengan cara menghapus aplikasi yang anda terakhir kali anda install sebelum ponsel anda menampilkan ikan pop up dengan sendirinya, karena sebagian besar virus AdWare berasal dari aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang sering terdapat AdWare adalah aplikasi yang di unduh melalui sumber tidak terpercaya seperti aplikasi yang di download melalui google atau website, misalnya aplikasi mod atau aplikasi yang sudah tidak original.

 

Biasanya aplikasi yang sudah terdapat virus akan eror saat berhasil diinstal seperti logo aplikasi yang berupa logo android, logo atau shortcut aplikasi tidak ada di homepage, aplikasi tidak dapat dibuka, aplikasi blank saat dibuka, dll.

 

Menggunakan aplikasi Es Pengelola berkas

 

Dan cara yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi gratis di play store yang bernama Es Pengelola berkas, aplikasi ini sangat ampuh untuk mendeteksi aplikasi yang menyebabkan iklan muncul dengan sendirinya di ponsel anda. Selain menghapus AdWare Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang tak kalah penting untuk versi pro, tetapi jangan khawatir karena fitur AdWare Scanner bisa anda gunakan secara gratis, berikut adalah cara menggunakan aplikasi Es Pengelola berkas untuk menghapus AdWare.

 

  • Install aplikasi Es Pengelola berkas di play store.
  • Setelah aplikasi berhasil diinstall silahkan buka aplikasinya.
  • Lalu masuk ke menu aplikasi atau APP, dan cari aplikasi yang tidak memiliki nama dan logo, biasanya terdapat di pojok kiri atas atau di urutan pertama.
  • Kemudian tekan aplikasi tersebut dan uninstall.
  • Jika sudah berhasil di-uninstall maka iklan tidak akan muncul lagi

Cara yang terakhir atau menggunakan aplikasi Es pengelola file adalah cara yang paling mudah dan paling simpel, dan terbukti ampuh untuk menghilangkan virus Adware.

 

Demikian artikel tentang cara menghilangkan virus AdWare atau iklan yang muncul dengan sendirinya, semog artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.

About the author

Tama Dwitama

Add Comment

Click here to post a comment

Arsip

Kategori