Widget HTML Atas

Program pendeteksi Suhu dan Kelembaban dengan Sensor DHT11 dan Arduino Uno



Sensor DHT11 bisa digunakan untuk membuat program pendeteksi Suhu dan Kelembaban, karena sensor tersebut memang dapat membaca suhu(Temperatur) dan kelembaban(Humidity).


Di artikel ini akan admin berikan kode program, rangkaian, dan penjelasannya sampai anda dapat menjalankan pendeteksi suhu dan kelembaban. Anda dapat menggunakan LED/Monitor mini untuk menampilkan Output, namun di artikel ini admin akan menggunakan output berupa LED sebagai contoh. Simak artikelnya dengan baik agar tidak ada kesalahan dan program dapat berjalan dengan baik.


Cara membuat pendeteksi Suhu dengan Sensor DHT 11


Sebelum lanjut ke tutorial, anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat program ini. Berikut adalah beberapa program yang diperlukan:


Breadboard

Arduino Uno

Sensor DHT 11

Resistor 10 kilo ohm(2 buah)

Kabel jumper male-male

LED red

Software Arduino IDE


Jika anda belum memiliki komponen-komponen di atas, anda dapat menggunakan software Proteus 8 dan Codevision AVR untuk menjalankan simulasi program. Oke sekarang kita mulai dari rangkaiannya terlebih dahulu, rangkailah komponen-komponennya seperti gambar di bawah ini.





Penjelasan :


Hubungkan kaki pertama DHT11 ke sumber tegangan 5V arduino.

Hubungkan kaki kedua DHT11 ke pin kedua arduino.

Hubungkan kaki kedua DHT11 ke sumber tegangan 5V arduino.

Hubungkan kaki keempat DHT11 ke GND atau ground.

Kemudian di bagian LED anda bisa samakan dengan gambar di atas.


Dan sekarang kita akan membuat kode programnya, karena rangkaian tersebut tidak akan bekerja tanpa adanya program. Untuk membuat programnya kita akan menggunakan software Arduino IDE yang sudah dilengkapi dengan library DHT11, Jika anda belum menambahkan librarinya anda dapat melihat artikel ini .


Saya asumsikan anda sudah menyiapkan software dan librarinya, dan sekarang kita akan mulai memasukan programnya. Salin kode program dibawah ini dan paste ke lembar kerja Arduino IDE :


Jika sudah simpan projek dengan cara menekan tombol shortcut CTRL+S, Jika sudah tersimpan kemudian verify projek-nya terlebih dahulu. Caranya tekan tombol centang yang berada di pojok kanan atas, Jika program yang anda masukan sudah benar maka akan muncul pesan Done Compling di bagian bawah seperti gambar di bawah ini:





Jika program sudah benar kemudian kita upload programnya ke Arduino Uno, Caranya dengan menekan tombol upload yang berada di samping tombol verify. Jika proses upload gagal maka terdapat masalah pada port, silahkan masuk ke menu Tools, port, dan tekan port yang tersedia (contoh : COM11). Jika proses upload selesai maka akan muncul pesan done uploading seperti gambar di bawah ini.





Dan apabila program dan rangkaian yang anda buat berhasil maka di bagian serial monitor akan menampilkan persentase kelembaban dan Suhu dalam bentuk celcius. Dan apabila suhu berada di atas 32 derajat celcius maka LED akan menyala, dan jika suhu dibawah 32 derajat celcius maka LED akan mati dengan delay kurang lebih 5 detik.



Demikian artikel tentang program sensor kelembaban dan suhu menggunakan DHT11 Arduino UNO, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

No comments for "Program pendeteksi Suhu dan Kelembaban dengan Sensor DHT11 dan Arduino Uno"