Penggunaan AI untuk mengukur pH air

 



Peran AI di dunia pertanian semakin diandalkan untuk saat ini, selain penggunaan teknologi Ceres imaging untuk mendeteksi penyakit tanaman ada juga penggunaan AI untuk mengukur pH air.


Teknologi ini biasanya digunakan bagi orang-orang yang menanam tanaman menggunakan metode hidroponik, karena pH air sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan tanaman hidroponik. 


Sebelum adanya teknologi AI biasanya untuk mengecek pH air dilakukan secara manual, misalnya dengan menggunakan kertas lakmus atau menggunakan Indra perasa. Namun saat ini hal itu sudah jarang dilakukan karena semakin majunya teknologi AI.


Peran AI dalam dunia pertanian


Saat ini banyak sekali alat pengukur pH air berbasis AI atau kecerdasan buatan. Biasanya alat tersebut akan secara otomatis memunculkan angka, angka tersebut adalah tingkat pH pada air. Di Indonesia karena beriklim tropis pH air yang bagus adalah 6-8, jika pH air kurang atau lebih dari angka tersebut maka dapat dikatakan air tersebut tidak baik atau tidak sehat bagi manusia maupun tumbuhan. Maka pengecekan pH air sangat penting untuk dilakukan.


Ada beberapa alat berbasis AI yang bisa digunakan untuk mengukur pH air, berikut adalah beberapa alat untuk mengukur pH air beserta ulasannya.


1. pH meter


Alat yang paling sering digunakan untuk mengukur pH air adalah pH meter, alat ini sudah tersedia di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.


Adapun cara untuk menggunakan pH meter, bisa anda lihat tutorialnya di bawah ini:

  • Siapkan air yang akan dijadikan sampel atau air yang mau anda ukur tingkat pH nya.
  • Jika air sudah anda siapkan, silahkan nyalakan alat pH meternya terlebih dahulu dengan menekan tombol on.
  • Kemudian masukan alat pH meter kedalam air yang akan anda ukur pH nya.
  • Pada saat anda mencelupkan pH meter ke dalam air, angka digital pada pH meter biasanya akan bergerak secara acak secara terus-menerus.
  • Silahkan anda tunggu sampai angka digital tersebut berhenti, pada saat berhenti itulah ukuran pH airnya.


Untuk mendapatkan alat pengukur pH air atau pH meter anda dapat membelinya secara online atau di toko hidroponik, toko suplai pertanian dan melalui online shop.


2. TDS EC


Alat pengukur pH air yang kedua adalah TDS EC, sebenarnya alat ini hampir sama dengan pH meter dari segi penggunaanya. Perbedaannya hanya di kemampuan untuk mengukur pH air yang berbeda. pH meter memiliki angkauan 1 alat pengukur pH air lebih besar dibandingkan dengan TDS EC, namun dari segi harga TDS EC lebih agak murah sedikit jika dibandingkan dengan TDS EC.


Untuk cara penggunaannya sama seperti pH meter yang sudah saya jelaskan di atas tadi, jadi ngga usah saya sebutkan lagi. 


TDS EC menjadi alternatif terbaik jika anda belum bisa atau stok pH meter habis, karena kualitasnya yang cukup memadai. Anda tidak perlu khawatir saat hendak membeli alat ini, karena alat ini sudah terbukti akurat.



Nah itu dia artikel tentang penggunaan AI untuk mengukur pH air, gimana udah paham kan sekarang bahwa teknologi Artificial intelegence (AI) atau kecerdasan buatan semakin berkembang. Sekarang saatnya kita berinovasi untuk menciptakan kecerdasan buatan mandiri, jika anda tertarik untuk terjun ke dunia AI alangkah baiknya anda dalami. Karena peluang bisnis dan usaha dari AI masih sangat terbuka luas dan masih belum begitu banyak yang terjun ke dunia tersebut.


Oke semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua, jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.








Bozova Seorang Mahasiswa yang suka ngeblog untuk mengisi waktu luang, memiliki minat pada artificial intelegece dan pemrograman.

Belum ada Komentar untuk "Penggunaan AI untuk mengukur pH air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel