Artikel Menarik Lainnya

Pengertian perangkat input output dan proses beserta contohnya

 







Pada sebuah perangkat komputer memerlukan 3 komponen utama yaitu input(masukan), output(keluaran), dan proses. Sebuah perangkat komputer tidak akan berjalan dengan baik atau mungkin tidak bisa digunakan jika salah satu komponen tersebut tidak ada.


Namun tidak harus semua perangkat input, output dan proses harus ada pada sebuah komputer. Misalnya speaker pada komponen output, tanpa speaker komputer masih bisa digunakan hanya saja komputer tersebut tidak dapat megeluarkan suara. Kemudian joystick yang merupakan perangkat input, tanpa joystick komputer masih bisa digunakan dengan normal karena joystick hanya perangkat input tambahan.



Pengertian perangkat input, output, dan proses


Ketiga perangkat tersebut memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing, perangkat input berfungsi untuk memberikan masukan atau perintah dari brainware(pengguna), sedangkan perangkat output adalah kebalikan dari perangkat input, dan perangkat proses berfungsi untuk memproses data dari komponen input dan mengirimkanya ke perangkat output.


Perangkat input, output, dan proses memiliki definisinya masing-masing, berikut adalah definisi atau pengertian perangkat input, output, dan proses.


Pengertian perangkat input


Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk memberikan masukan atau perintah dari brainware(pengguna) yang kemudian akan di proses oleh perangkat proses dan dikeluarkan melalui perangkat output.


Perangkat input akan membantu pengguna untuk berinteraksi dengan komputer tersebut, tanpa adanya perangkat input pengguna tidak akan bisa untuk mengoperasikan komputer.


Pengertian perangkat output


Perangkat output merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan perintah yang diberikan oleh brainware(pengguna) yang telah di proses melalui perangkat proses.


Perangkat output dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui perintah yang diberikanya sudah sesuai atau belum, output yang dikeluarkan berupa gambar/layar komputer, dan suara. Selain itu output juga bisa berupa perintah, yaitu perintah untuk mencetak teks dan gambar pada sebuah printer.


Pengertian perangkat proses


Perangkat proses merupakan perangkat yang berfungsi untuk memproses instruksi dari brainware atau pengguna yang kemudian akan diteruskan sebagai keluaran atau output. Tanpa perangkat proses komputer tidak akan berjalan dengan baik, perangkat proses memiliki komponen inti dan komponen tambahan.



Macam-macam atau contoh perangkat input output dan proses


Anda harus dapat membedakan mana yang merupakan komponen perangkat input, output, dan proses. Berikut adalah macam-macam perangkat input, output, dan proses beserta fungsinya.


Komponen-komponen perangkat input


Perangkat input memiliki bebeapa komponen, berikut adalah komponen-komponen yang termasuk dalam perangkat input atau masukan.


1. Mouse


Gambar mouse



Mouse adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk menggerakan kursor dan melakukan klik pada sebuah komputer, tanpa ada mouse komputer tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan jika suatu komputer tidak terdapat mouse komputer tersebut tidak dapat digunakan meskipun komputer menyala dengaan baik atau normal.


2. Keyboard


Gambar keyboard



Komponen perangkat input yang kedua adalah keyboard. Keyboard berungsi untuk memasukan simbol-simbol seperti huruf, angka, shotcut, dll. Keyboard biasanya digunakan untuk mengetik entah itu huruf, angka, maupun simbol-simbol tertentu.


3. Joystick 


Gambar joystick




Perangkat input selanjutnya adalah joystick. Joystick berfungsi sebagai komponen tambahan yang biasa digunakan untuk bermain game. Tanpa adanya joystick komputer masih dapat digunakan secara normal.


4. Scanner 


Gambar scanner



Scanner juga merupakan salah satu komponen perangkat input, scanner berfungsi untuk melakukan scann terhadap suatu objek yang kemudian akan dijadikan sebuah gambar yang berupa file. Dengan adanya scanner penggguna dapat dengan mudah mengubah suatu objek menjadi sebuah gambar digital. Scanner merupakan salah satu komponen perangkat input tambahan, sehingga komputer masih tetap berjalan dengan normal jika komponen ini tidak ada.


5. Touchpad


Gambar touchpad



Touchpad merupakan salah satu komponen perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti mouse, fungsi touchpad pun sama seperti mouse. Touchpad biasanya terdapat pada laptop dan bukan merupakan komponen utama.


 6. Flashdisk 


Gambar Flashdisk



Flashdisk merupakan salah satu komponen perangkat input yang berfungsi sebagai disk atau penyimpanan tambahan. Flasdisk memiliki sifat yang flexible sehingga anda dapat memasang dan melepaskanya dari komputer sesuka anda, selain itu ukuran flashdisk yang kecil dan ringan sehingga flashdisk dapat anda bawa kemana-mana. 


7. DVD/CD-ROM


Gambar CD room



DVD/CD-ROM  juga salah satu komponen perangkat input, DVD/CD-ROM berfungsi sebagai alat pembaca data pada sebuah kaset dvd/cd, dvd/cd adalah sebuah penyimpanan yang berbentuk piringan, biasanya digunakan untuk menyimpan driver, video, musik, materi, dll.


8. Barcode reader





Gambar barcode reader


Dan komponen perangkat input yang terakhir adalah barcode reader. Komponen ini berfungsi sebagai pembaca barcode, barcode biasanya sering dijumpai pada sebuah toko atau pusat perbelanjaan. Barcode sendiri berfungsi sebagai media untuk menyimpan detail barang, setiap produk biasanya akan memiliki barcode yang berbeda-beda. Saat barcode di scan menggunakan barcode scanner maka akan muncul detail barang tersebut.



Komponen-komponen perangkat output


Setelah anda mengetahui apa saja komponen-komponen yang termasuk ke dalam komponen perangkat input, selanjutnya anda akan mengenal apa saja yang termasuk dalam komponen-komponen prangkat output. Berikut adalah komponen yang termasuk dalam perangkat output.


1. Monitor 


Gambar monitor



Monitor adalah komponen output utama yang berfungsi untuk menampilkan instruksi yang diberikan oleh perangkat input yang sudah diproses melalui komponen perangkat proses. Tanpa adanya monitor pengguna tidak akan dapat melihat instruksi yang diberikan, sehingga pada sebuah komputer harus terdapat sebuah monitor.


2. Speaker 


Gambar speaker



Speaker dapat dikatakan sebagai komponen perangkat output utama maupun komponen tambahan, karena jika suatu komputer tidak terdapat sebuah speaker komputer tersebut masih bisa menyala dan digunakan masih dapat digunakan dengan normal. Tetapi komputer tidak akan mengeluarkan suara jika tidak terdapat sebuah speaker. Speaker berfungsi untuk mengeluarkan suara seperti musik, notifikasi, pesan eror, dll.


3. Printer 


Gambar printer



Printer merupakan salah satu komponen perangkat output yang berfungsi untuk mencetak teks atau gambar digital pada sebuah kertas. Printer dapat memudahkan pengguna untuk mencetak teks digital ke dalam bentuk teks dalam kertas, selain itu printer juga dapat digunakan untuk mencetak gambar atau foto. Dengan adanya printer untuk membuat dokumen-dokumen penting seperti makalah, skripsi, laporan, dll sudah tidak perlu menggunakan mesin ketik lagi.


4. Proyektor 


Gambar Proyektor



Proyektor merupakan salah satu komponen perangkat output uang berfungsi untuk menampilkan tampilan suatu komputer. Proyektor menggunakan pancaran cahaya yang dipancarkan pada sebuah dindig atau papan khusus, sehingga pada dinding atau papan tersebut akan menampilkan layar komputer yang terhubung dengan proyektor tersebut. Proyektor biasanya digunakan saat proses pembelajaran di dalam kelas, presentasi, meeting, dll.


5. Plotter


Gambar plotter



Plotter memiliki fungsi yang sama dengan printer, yaitu mencetak teks atau gambar digital ke dalam bentuk kertas atau papper. Namun yang membedakan plotter dan printer adalah dari segi ukuran hasil cetaknya, plotter mampu mencetak dokumen yang lebih besar jika dibandingkan dengan printer. Plotter biasa digunakan untuk mencetak banner, spanduk, pamflet, dll.



Komponen-komponen perangkat proses


Setelah anda memperlajari komponen-komponen pada perangkat input dan output, sekarang anda akan mempelajari komponen-komponen perangkat proses. Berikut adalah komponen-komponen yang termasuk ke dalam komponen perangkat proses.


1. Prosessor

Gambar prosesor




Prosesor merupakan komponen perangkat proses utama, prosessor dapat dikatakan sebagai otak dari sebuah perangkat komputer. Prossesor berfungsi untuk memproses dan mengolah data-data atau perintah dari perankat input sebelum dikeluarkan melalui perangkat output. Nama lain dari prosesor adalah CPU (Central Processing Unit), Tanpa adanya CPU komputer tidak akan dapat dinyalakan. Atau akan terdengar suara beep yang menandakan adanya eror pada peangkat keras.


2. RAM


Gambar RAM



RAM atau Random Access Memory merupakan komponen perangkat proses utama yang berfungsi menyimpan data secara sementara, maksud dari kata sementara adalah RAM hanya akan menyimpan data saat komputer tersebut masih dalam kondisi menyala. Saat komputer dimatikan data-data yang tersimpan pada RAM akan terhapus secara otomatis. Ukuran penyimpanan RAM tidak terlalu besar, jika penyimpanan RAM penuh biasanya komputer akan mengalami lag atau bahkan ngehang dan melakukan restart.


3. Motherboard


Gambar motherboard



Motherboard adalah salah satu komponen perangkat proses utama, sesuai namanya motherboard berfungsi sebagai induk dari semua perangkat komputer yang saling menghubungkan antar komponen pada sebuah komputer. 


4. Power Supply


Gambar power Supply



Power supply merupakan salah satu komponen perangkat proses yang berfungsi sebagai pengatur arus listrik, tanpa adanya power supply komponen-komponen komputer lainya tidak akan berjalan dengan baik karerna membutuhkan arus listrik yang stabil. Bahkan jika tidak ada power supply sebuah komputer pasti akan mengalami korsleting karena daya atau arus listrik yang tidak stabil dan terlalu besar.


5. GPU





GPU atau General Processing unit merupakan sebuah komponen perangkat proses yang berfungsi untuk melakukan rendering pada gambar, animasi, dan video. GPU terletak di dalam chipset dan kemampuanya masih cukup terbatas.


6. Harddisk


Gambar harddisk



Harddisk meruakan sebuah penyimpanan yang termasuk ke dalam komponen perangkat proses, harddisk berfungsi untuk menyimpan data-data pada sebuah komputer secara permanen. Pada sebuah komputer harus terdapat harddisk, jika tidak maka komputer tidak bisa dinyalakan atau hanya menampilkan pesan eror dan bunyi beep pada saat booting.



Demikian artikel tentang pengertian perangkat input output dan proses, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan cantumkan di kolom komentar atau melalui menu kontak.

Bozova Seorang Mahasiswa yang suka ngeblog untuk mengisi waktu luang, memiliki minat pada artificial intelegece dan pemrograman.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian perangkat input output dan proses beserta contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel