Artikel Menarik Lainnya

Mengenal CAI atau Computer Aided Instructure di dunia pendidikan

 

CAI


Pernahkah anda mendengar kata-kata CAI? Ya CAI atau Computer Aided Instructure yaitu penggunaan komputer secara langsung kepada siswa untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran. 


CAI juga memiliki fungsi yang lebih, bukan hanya sekedar menyampaikan materi saja. CAI juga dapat digunakan untuk menjelaskan materi, memberikan latihan, dan mengetes kemajuan siswa. Pada intinya fungsi utama dari CAI adalah sebagai tutor bagi para siswa atau pengganti peran guru.


Mengenal lebih jauh tentang CAI dalam dunia pendidikan.


CAI juga memiliki bentuk atau jenis yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan keahlian pembuatan/atau developer nya. CAI bisa berbentuk Game, Kuis, Video, dan menjelaskan konsep-konsep pembelajaran secara langsung. Dan pada intinya penggunaan CAI adalah sebagai alat bantu atau media untuk menyediakan berbagai materi pembelajaran dalam Bentuk perangkat lunak atau software, yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif.


Jenis-jenis CAI


CAI memiliki beberapa jenis, tentunya setiap jenis memiliki keunggulan dan kekuranganya masing-masing. Kenapa CAI memiliki banyak jenis? Jawabannya adalah karena kebutuhan dalam proses pembelajaran yang berbeda-beda, sehingga pengajar dapat memilih jenis CAI mana yang lebih tepat untuk digunakan. Dan di bawah ini adalah jenis-jenis CAI beserta sedikit ulasannya.

1. Drill dan practice


Sesuai dengan namanya drill yang artinya latihan dan practice yang artinya praktek, jenis CAI ini memiliki fungsi untuk memberikan latihan-latihan dan praktek pada saat pembelajaran. Jadi guru tidak perlu memberikan latihan dan praktek lagi, Karena latihan dan praktek sudah secara otomatis diberikan melalui CAI. Untuk masalah penilaian tergantung kepada software CAI nya, sudah support penilaian otomatis atau belum. Jika software belum support penilaian otomatis maka guru harus mengkoreksi secara manual.

2. Instructional dan educational game


Jenis CAI yang ini adalah jenis yang paling banyak disukai oleh para siswa. Mengapa demikian? Di Indonesia kebanyakan banyak sekali siswa yang suka bermain game, sehingga jenis CAI ini sangat cocok untuk digunakan pada saat pembelajaran. Instructional dan educational game adalah sebuah software yang berbentuk permainan atau game yang berisi instruksi-instruksi serta pembelajaran, sehingga Selian bermain game siswa dapat belajar juga. 

3. Tutorial 


Jenis CAI yang selanjutnya adalah jenis tutorial, pasti anda sudah paham kan apa itu tutorial. Nah jadi jenis CAI yang satu ini akan memberikan Tutorial-tutorial yang dibutuhkan selama proses pembelajaran dalam bentuk software, sehingga siswa tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari Tutorial di internet.

4. Problem Solving


Jenis CAI yang ke-empat adalah Problem solving atau pemecahan masalah, software CAI jenis ini akan memberikan masalah-masalah yang bisa diselesaikan oleh siswa. Biasanya software akan dilengkapi dengan strategi pemecahan masalah, analisis akhir, mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Software ini akan membantu siswa untuk menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah mereka.

5. Simulation


Simulation atau simulasi adalah jenis CAI yang terakhir hingga saat ini, Jenis CAI ini sangat bagus digunakan karena siswa dapat berinteraksi secara langsung. Sebagai contoh siswa dapat mensimulasikan bagaimana cara pesawat bisa terbang, di software tersebut terdapat sebuah simulator yang bisa digunakan oleh siswa. Apabila siswa melakukan semua perintah dengan benar maka pesawat tersebut akan terbang dengan baik dan benar, namun jika siswa melakukan kesalahan maka pesawat tidak akan terbang atau justru mengalami kerusakan. Pesawat yang saya maksud adalah gambar pesawat yang terdapat pada software tersebut, bukan pesawat sungguhan.



Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa setiap jenis CAI memiliki perbedaan, dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Selanjutnya ada system-system CAI yang paling populer di dunia.


Sistem-sistem CAI yang terkemuka


Maskud dari kata terkemuka adalah sistem CAI yang sudah terkenal dan sudah digunakan oleh banyak lembaga pendidikan, nah berikut ada beberapa sistem CAI yang sudah sangat terkemuka.

PLATO 


Plato merupakan sebuah sistem CAI terbesar di dunia, bahkan sistem ini sudah di gunakan di sebuah universitas ternama di Amerika yaitu Universitas Illionis sejak tahun 1959. 

Software Plato dirancang dengan tujuan untuk memberikan bantuan bahasa pemrograman atau sebagai tutor. Penggunaan software ini bisa dalam bentuk pengajaran, meliputi penjelasan materi-materi ajaran yang baru, waktu latihan, ujian, hasil belajar, dan rekomendasi.

TICCIT


TICCIT adalah sebuah sistem yang dikembangkan di perusahaan Mitre sejak tahun 1971. Kata TICCIT berasal dari singkatan yaitu Time-shared Inretactive Computer Controlled Information Television. 

TICCIT dirancang agar semua jenis perangkat lunak atau software dapat digunakan atau diterapkan secara terpadu/bersamaan. Namun sayangnya TICCIT tidak dirancang untuk latihan dan praktek, namun lebih cenderung ke penjelasan atau Tutorial. Keunggulan dari sistem ini adalah memungkinkan penggunanya untuk lebih berinisiatif dan interaktif jika dibandingkan dengan sistem lainnya.


Pro kontra teknologi CAI



Ada pro dan kontra dari teknologi ini, banyak menganggap teknologi ini sangat bermanfaat dan sangat efektif untuk diterapkan di dunia pendidikan. Namun ada juga yang menganggap teknologi ini akan menyulitkan bagi siswa dan hanya mementingkan pihak guru saja, mungkin yang dimaksud dari pihak guru terlalu santai saat bekerja sedangkan siswanya yang bekerja dengan sendirinya.


Menurut saya teknologi ini memang belum begitu efektif jika diterapkan di jenjang sekolah menengah, teknologi ini lebih cocok diterapkan di perguruan tinggi. Karena teknologi ini dapat melatih kedisiplinan dan kemandirian mahasiswa. Jadi tugas dosen hanya memberikan arahan saja, dan untuk penjelasan dan penugasan menggunakan CAI. 


Ada beberapa pendapat yang salah mengenai teknologi CAI, berikut adalah pendapat yang salah menurut saya:

- Pihak pengajar (Guru/Dosen) makan gaji buta

Ini adalah pendapat yang salah, karena pihak guru atau dosen tetap memberikan arahan dan mendampingi siswa/mahasiswa dalam proses pembelajaran. 

- Teknologi ini hanya akan membebani pelajar

Menurut saya ini juga pendapat yang salah, namun pendapat setiap orang berbeda-beda. Justru dengan adanya teknologi ini siswa akan lebih mudah untuk memahami pembelajaran, karena teknologi ini adalah teknologi yang interaktif, sehingga siswa/mahasiswa dapat mencari materi atau penjelasan yang sedang mereka butuhkan.


Demikian pembahasan seputar computers Aided Instructure atau CAI, semoga dapat bermain dan menambah wawasan anda. Jika anda ingin bertanya seputar CAI silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.










Bozova Seorang Mahasiswa yang suka ngeblog untuk mengisi waktu luang, memiliki minat pada artificial intelegece dan pemrograman.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal CAI atau Computer Aided Instructure di dunia pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel