Jenis-jenis file sistem pada windows dan linux

 

Gambar file sistem windows






Pernah mendengar kata-kata file sistem? File sistem adalah sebuah cara untukk mengatur dan menyimpan file pada sebuah Hard Drive, Flash Drive, Disk Drive, dan perangkat penyimpanan lainya. 


Apakah anda pernah mendengar kata partisi? Sebuah partisi pada sebuah harddisk di format dengan file sistem, proses pemformatan sebuah drive akan menghasilkan file sistem kosong pada perangkat. 


Setiap sistem operasi memiliki jenis file sistem yang berbeda-beda, contohnya windows memiliki file sistem fat32,fat36,dll. Sedangkan linux memiliki file sistem ext2,ext3, dll. Buat anda yang ingin mengenal lebih dalam berikut admin tulis jenis-jenis file sistem.


Jenis-jenis file sistem pada windows dan linux


Sebenarnya file sistem juga terdapat pada sistem operasi lain seperti MAC OS, DOS, dll. namun di artikel ini saya hanya menulis 2 jenis-jenis file sistem saja, yaitu file sistem pada windows dan file sistem pada linux, karena sistem operasi windows dan linux merupakan sistem operasi yang paling banyak dikenal.


File sistem pada windows


Jenis-jenis file sistem yang pertama adalah jenis-jenis file sistem pada windows, ada file sistem FAT, FAT12, FAT16, FAT32,exFAT,dan NTFS, dan berikut adalah penjelasannya.


FAT (File Allocation Table)


FAT merupakan generasi pertama file sistem pada windows, FAT menggunakan tabel alokasi berkas untuk pengoperasianya. Semua versi sistem operasi windows kompatibel dengan file sistem FAT. File sistem ini memiliki beberapa versi yang masih digunakan hingga saat ini, berikut adalah beberapa versi file sistem FAT.


FAT12(File Allocation Table 13)


FAT12 adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan unit alokasi, FAT 12 hanya memiliki batas maksimum 12 bit. File sistem FAT12 Hanya bisa menampung 212 unit alokasi atau 4096 buah saja.


FAT12 Hanya memiliki penyimpanan sebesar 32 MB, Sehingga file sistem ini hanya digunakan sebagai floppy disk atau disket saja. FAT12 pertama kali digunakan pada Sistem Operasi MS DOS.


FAT16(File Allocation Table 16)


Sesuai namanya FAT16 hanya memiliki batas maksimum 16 bit saja, File sistem ini mampu menampung unit alokasi hingga 216 unit atau sebanyak 65536 buah. 


Kapasitas maksimum file sistem ini adalah 4GB, Sedangkan ukuran unit alokasi yang digunakan pada file sistem FAT16 bergantung pada partisi harddisk yang akan di format. FAT16 memiliki keunikan yaitu saat kapasitasnya kurang dari 16MB maka file sistem yang akan digunakan adalah FAT12, namun jika kapasitasnya melebihi 16MB maka file sistem yang akan digunakan adalah FAT16.


File sistem FAT16 digunakan pada sistem operasi MS-DOS pertamakalinya pada tahun 1981. Dan File sistem ini memiliki keunggulan sendiri yaitu kompatibel hampir di semua sistem operasi seperti windows, Linux, dan Unix. Kekurangan file sistem FAT16 adalah kapasitasnya yang tetap dalam jumlah cluster dalam partisi, jadi intinya semakin besar kapasitas harddisk maka semakin besar juga ukuran clusternya. Selain itu file sistem ini juga tidak mendukung kompresi, enkripsi, dan akses kontrol dalam partisi.


FAT32 (File Allocation Table32)


File sistem FAT32 merupakan file sistem jenis FAT yang sudah lumayan berkembang, File sistem ini memiliki batas hingga 32bit. FAT 32 mampu menampung 232 unit alokasi atau sebanyak 4294967296, dan File sistem ini memiliki kapasitas hingga 8TB.


File sistem FAT32 mulai dikenalkan pada sistem operasi windows generasi 95 OEM Service Release 2, Untuk sistem operasi windows NT 5.x keatas, pembuatan partisi di batasi hingga 32GB saja. Jika kapasitas partisi lebih besar dari 32GB maka File sitem yang digunakan adalah file sistem NTFS.


Namun sayangnya tidak banyak sistem operasi yang kompatibel dengan file sistem ini. Tetapi file sistem ini juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu kemampuan menampung umlah cluster yang lebih banyak.


exFAT (Extended File Allocation Table)


exFAT atau yang sering di kenal sebagai FAT 64 adalah generasi terakhir dari file sistem windows seri FAT. File sistem exFAT memiliki batas maskimum hingga 64 bit, dan mampu menampung hingga 216 unit alokasi tunggal atau sebanyak 65536.


File sistem ini dibuat oleh microsoft untuk perangkat-perangkat embedded di dalam windows Embedded CE 6.0 dan Windows Vista Service Pack 1.


Banyak sekali kekurangan dan keunggulan yang terdapat pada file sistem ini. Namun file sistem ini tetap lebih baik dari versi-versi sebelumnya, karena sudah dilakukan beberapa pengoptimalan.


NTFS (New Technology File System)


NTFS merupakan file sistem windows yang terbaik dari segi kualitas, karena muncul paling akhir dan merupakan pengembangan dari file sistem sebelumnya. NTFS memiliki tampilan yang lebih sederhana namum memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan seri FAT.


NTFS pertama kali dikenalkan oleh microsoft pada sisitem operasi Windows NT dan sudah kompatibel dengan versi windows terbaru mulai dari windoows 7.


NTFS memiliki banyak sekali keunggulan, dan berikut adalah keunggulan dari file sistem NTFS:

  • Dapat mengatur kuota volume pengguna
  • Mendukung enkripsi secara transparan dengan menggunakan algoritma enkripsi yang umum digunakan.
  • Mendukung kompresi data.
  • Dan masih banyak lagi.


NTFS memiliki 6 versi, dan berikut adalah versi-versi pada file sistem NTFS:

  • NTFS Versi 1.0
  • NTFS Versi 1.1
  • NTFS Versi 1.2
  • NTFS Versi 2.0
  • NTFS Versi 3.0
  • NTFS Versi 3.1



File sistem pada Linux


SSetelah membahas file sistem pada windows sekarang kita beralih ke file sistem pada linux, berikut adalah jenis-jenis file sistem pada linux.



Second Extended (ext2)


File system ini pertama kali dikembangkan dan diterapkan untuk sistem operasi linux, namun sekarang sudah dikembangkan lagi sehingga mendukung sistem operasi windows,dll.


Salah satu keunggulan dari file sistem ini adalah kompatible dengan beberapa tipe file standar dari Unix, misalnya symlink, DSF, file reguler, dll. Selain itu file sistem ini juga dapat menghasilkan sebuah nama yang panjang, batas maksimumnya adalah 255 karakter.


Third Extented System (ext3)


File sisitem ini memiliki fitur journalled file system yang didesain untuk melindungi data-data yang terdapat di dalamnya. File sistem ext3 merupakan pengembangan pada file sistem sebelumnya yaitu ext2, dan file sisitem ini memiliki beberapa keunggulan. Berikut adalah keunggulan dari file sistem ext3.


Availabbility(ketersediaan)


File sisitem ext3 tidak support proses pengecekan file sistem, bahkan ketika file sistem yang masih berjalan dan system meengalami shutdown.


Integritas data


File sistem ext3 memberikan jaminan integritas data yang lebih kuat dalam kasus dimana file system yang masih berjalan atau belum di bersihkan dimatikan.


Fourth extended file system (ext4)


Dan file sistem pada linux yang terakhir adalah ext4, file sistem ini dirilis dengan versi koplit atau llengkap dan versi stabil, file sistem ini berasal dari kernel 2.5.28. Jadi apabila distro anda yeng defaultnya mempunyai versi kernel tersebut atau lebih tinggi maka secara otomatis sistem anda sudah kompatibel dengan file sistem ext4.


Salah satu keunggulan dari file system ext4 adalah mempunyai pengalaman 48bit block yang artinya memiliki kapasitas sebesar 1EB atu 11,048,576TB.



Demikian artikel tentang file sistem pada windows dan linux, gimana sudah paham kan?. ya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang membaca, jika ada [pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


Bozova Seorang Mahasiswa yang suka ngeblog untuk mengisi waktu luang, memiliki minat pada artificial intelegece dan pemrograman.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis file sistem pada windows dan linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel