Artikel Menarik Lainnya

Cara membuat blog wordpress self hosted

 

Gambar cara membuat blog



Wordpress merupakan salah satu CMS terbaik untuk blogger saat ini. Wordpress memiliki fitur yang lengkap dengan didukung oleh plugin-plugin yang memudahkan anda untuk mengoptimasi blog anda.


Banyak yang mengatakan membuat blog dengan wordpress memakan biaya yang cukup besar, namun hal tersebut merupakan pendapat yang salah. Ya mereka yang berpendapat seperti itu mungkin benar karena biaya hosting yang cukup mahal. Namun anda tidak perlu khawatir karena hanya 50 ribu atau mungkin bisa kurang anda sudah dapat membuat blog dengan wordpress self hosted.


Sekarang banyak sekali layanan hosting yang harganya cukup terjangkau. Misalnya di Purwokerto Host yang menyediakan paket hosting server US mulai 29 ribu/tahun. Sedangkan untuk domain anda bisa menggunakan domain my.id yang harganya hanya 15ribu/tahun, Jadi total biaya yang anda perlukan hanya 44ribu/tahun. Untuk theme banyak theme-theme gratis berkualitas yang sudah disediakan oleh pihak wordpress. Buat anda yang ingin mencoba membuat blog wordpress self hosted anda dapat melihat panduannya di artikel ini, simak sampai habis.


Cara membuat blog wordpress self hosted hanya 50ribu/tahun


Oke kita akan lanjut ke proses pembuatan blognya, silahkan anda siapkan hosting dan domainya terlebih dahulu. Hosting bisa anda order di Purwokerto Host dan domain bisa anda beli di jagoweb. Pilih paket hosting yang ingin anda beli, kalau nggak salah untuk hosting server US di Purwokerto Host harganyam  29k/tahun. Sedangkan domain my.id di jagoweb harganya hanya 13 ribu termasuk PPN.


Jika anda sudah membeli domain dan hosting silahkan arahkan nameserver domain ke nameserver hosting. Caranya mudah tinggal masuk ke clientarea tempat anda beli domain, laku cari menu atur nameserver, gunakan nameserver Kustom, lalu masukan nameserver yang anda dapatkan saat anda membeli hosting. Biasanya nameserver sudah di infokan lewat email oleh penyedia hosting, biasanya ada 2 atau lebih nameserver yang diberikan misalnya ns1.tamatekno.com, ns2.tamatekno.com.


Jika anda sudah mengarahkan domain ke nameserver hosting langkah selanjutnya adalah menginstal wordpress. Anda perlu login ke Cpanel terlebih dahulu untuk meng-install wordpress. Anda dapat login ke Cpanel melalui clientarea tempat anda membeli hosting atau menggunakan username dan password Cpanel yang dikirim lewat email saat anda membeli hosting. Jika sudah masuk ke Cpanel sekarang anda tinggal menginstal wordpress.


Cara install wordpress melalui Cpanel dengan softaculous


Biasanya jika anda menggunakan hosting Cpanel sudah tersedia softaculous apps installer, sehingga anda dapat dengan mudah melakukan instalasi CMS seperti wordpress, prestashop, dll.


Oke begini cara menginstal wordpress menggunakan softaculous apps installer:


Di bagian homepage Cpanel silahkan scroll ke bawah, cari softaculous apps installer.





Jika sudah ketemu klik saja, kemudian cari wordpress karena anda akan meng-install wordpress.



Kemudian scroll ke bawah dan cari tombol install now, klik tombol tersebut untuk memulai konfigurasi penginstalan.





Kemudian anda harus mengkonfigurasi penginstalan terlebih dahulu. Untuk versi wordpress pastikan anda meng-install versi terakhir, lalu setting protocol apakah anda akan menggunakan http/https/www/non www, kemudian untuk choose domain silahkan pilih domain yang ingin anda gunakan, pastikan domain sudah ditambahkan ke hosting. Lalu untuk direktori terserah anda ingin menginstal di direktori mana, untuk menginstal di root direktori silahkan kosongkan saja.



Kemudian scroll sedikit ke bawah untuk mengatur judul blog, deskripsi, dan admin account. Silahkan masukan admin username dan password yang kuat untuk menghindari bruteforce atau kerentanan lainnya. Lalu masukan admin email atau email yang akan dijadikan email utama blog anda.



Kemudian pilih bahasa yang ingin anda gunakan di dashboard admin, anda dapat menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, dll. Kemudian centang semua plugin yang tersedia. Limit login dapat membantu anda untuk mencegah upaya masuk dari orang lain dengan cara membatasi jika terlalu sering memasukan password yang salah. Classic editor menurut saya lebih mudah digunakan daripada editor blok, karena lebih simpel dan hampir mirip seperti editor pada blogspot. Kemudian WP Central bisa anda gunakan jika anda ingin membuat multisite. Kemudian pada bagian select theme anda biarkan saja, gunakan theme default saja Karena anda dapat menggantinya nanti.




Kemudian masukan email yang akan menerima notifikasi instalasi, Kemudian tekan tombol install untuk memulai proses instalasi.





Tunggu sampai proses instalasi selesai, biasanya hanya 1-2 menit.


Jika sudah selesai silahkan anda buka halaman dashboard admin, saat proses instalasi selesai maka akan terdapat url WP-admin, lihat gambar di bawah ini. Klik saja link tersebut dan masuk menggunakan username dan password yang anda buat pada saat proses setup tadi.





Instalasi SSL Gratis



Biasanya penyedia layanan hosting akan memberikan SSL secara gratis seperti let's encripts. Namun biasanya let's encripts mengalami eror dan anda harus menginstal ulang SSL nya. SSL adalah sertifikat yang akan membuat koneksi situs anda terenkripsi, sehingga tidak muncul peringatan halaman ini tidak aman saat seseorang mengakses situs anda. Maka dari itu SSL sangat penting untuk diterapkan di situs anda. Nah berikut adalah cara menginstal SSL melalui Cpanel.


Pertama-tama silahkan anda login ke Cpanel, kemudian scroll ke bawah. Cari fitur sale&TLS, jika sudah ketemu langsung klik saja.





Kemudian di bagian private kets(KEY) silahkan anda tekan tombol Generate, View, Upload, or delete your private kets.




Maka akan muncul halaman pembuatan private key, silahkan anda pilih ke size 2,048 bits, dan masukan nama domain yang ingin anda install sslnya. Jika sudah langsung saja tekan tombol generate




Jika anda telah menekan tombol generate maka akan muncul private key berupa angka, huruf, dan simbol seperti gambar di bawah ini.



Lalu scroll ke bawah dan tekan tombol return bro SSL manager.




Kemudian di bagian install anda manage SSL for your site (HTTPS) silahkan anda tekan tombol manage SSL sites.




Maka akan muncul halaman instalasi SSL, silahkan pilih domain yang ingin anda install ssl. Lalu tekan tombol Autofill by domain.


Kemudian scroll ke bawah dan tekan tombol install certifcate.




Jika sukses maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, silahkan anda klik oke.








Optimasi tampilan blog, dan instalasi plugin


Nah langkah terakhir adalah melakukan optimasi tampilan blog serta meng-install plugin-plugin yang diperlukan. Untuk optimasi tampilan anda harus menentukan terlebih dahulu theme mana yang ingin anda gunakan. Saran dari saya gunakan theme Neve atau MH magazine lite, Kate selain gratis theme tersebut memiliki tampilan yang elegan dan SEO friendly.


Untuk meng-install tema silahkan anda masuk ke wordpress dashboard admin, lalu masuk ke menu tampilan, dan pilih theme. Lalu cari theme yang ingin anda gunakan lalu klik tombol install dan aktifkan.


Anda juga dapat mengatur menu navigasi dan widget di menu tampilan, silahkan tambahkan menu dan widget yang diperlukan dan Hapus yang tidak diperlukan. Tambahkan favicon untuk mempercantik blog anda di search engine. Upload logo header jika anda ingin menggunakan logo, biarkan kosong jika anda ingin menggunakan judul blog anda sebagai logo header.


Install plugin yoast SEO untuk mengoptimasi blog anda. Plugin ini sangat penting karena beberapa pengaturan terdapat pada plugin ini seperti sistem xml, deskripsi penelusuran, meta tag, breadcrumb, dll.


Anda juga dapat mengatur tanda batas situs sanda misalnya brightless » Blog gaul atau brightless~Blog gaul , dll.


Selain itu dengan plugin yoast SEO anda dapat menjelaskan situs anda secara rinci termasuk kategori, penulis, pengizinan penginderaan, dll. Sehingga google dapat lebih mudah mengenali situs anda.


Install plugin-plugin pendukung lainya yang diperlukan, untuk meng-install plugin anda hanya perlu masuk ke menu plugin di bagian sidebar wp-admin, kemudian cari plugin yang ingin di install, lalu ikik install dan aktifkan plugin.


Demikian artikel tentang cara membuat blog wordpress self hosted, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar








Bozova Seorang Mahasiswa yang suka ngeblog untuk mengisi waktu luang, memiliki minat pada artificial intelegece dan pemrograman.

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat blog wordpress self hosted"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel